Penyebab Susah Hamil

Posted on

Bagi pasangan menikah hal selanjutnya yang telah direncanakan adalah memiliki anak yang merupakan impian setiap pasangan. Beberapa orang dapat dengan mudah memiliki anak tanpa perlu bantuan namun ternyata juga banyak sekali pasangan pasangan menikah yang sulit memiliki buah hati. Meskipun tampak sederhana namun hal ini kerap menyebabkan keretakan rumah tangga akibat tidak memiliki anak, oleh karena itu sangat banyak sekali usaha yang dilakukan untuk memiliki anak baik yang dilakukan untuk hamil atau mengadopsi anak yang kemudian menjadi curahan kasih sayang.

Info Lebih Lanjut SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Lanjut SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Untuk mendapatkan anak maka pasangan tersebut harus dinyatakan subur baik dari pria maupun wanita. Pasangan pria harus memiliki sperma yang sehat dan berkualitas baik agar mampu membuahi sel telur pada wanita sedangkan wanita harus memiliki organ reproduksi yang sehat mulai dari rahim sebagai tempat janin berkembang, sel telur yang sehat dan bersih dari penyakit agar ketika dibuahi dapat tumbuh menjadi janin. Sayangnya ketika salah satu orang memiliki gangguan kesuburan maka kehamilanpun akan sulit terjadi.

Berbagai macam hal yang dapat mempengaruhi sulit hamil atau kesuburan seperti :
1. Gangguan kesuburan
Kesuburan sangatlah luas, mulai dari kualitas sel telur dan sperma hingga stamina fisik pasangan. Jika pasangan ingin mendapatkan kehamilan maka pasangan tersebut harus memiliki tubuh yang sehat terutama ibu agar janin dapat tumbuh dan berkembang.

2. Berat badan terlalu berlebih
Terlalu gemuk dapat menyebabkan komplikasi ke berbagai macam gangguan tubuh. Mulai dari gangguan kesehatan seperti serangan jantung bergitu juga dengan gangguan kesuburan yang menyebabkan pasangan sulit hamil. Menjaga berat badan optimal akan sangat mempengaruhi keberhasilan kehamilan.

3. Hormon tidak stabil
Hormon juga penentu kehamilan, pada saat datang bulan hormone wanita cenderung tidak stabil sehingga akan sulit hamil. Dengan mengatur waktu yang tepat dimana hormone estrogen wanita pada kondisi yang baik sehingga mampu mendukung keberhasilan kehamilan.

4. Hidup tidak sehat
Banyak sekali makanan tidak sehat yang seringkita konsumsi baik disadari maupun tidak disadari. Makanan tersebut mengandung banyak sekali racun yang secara tidak langsung membebani tubuh sehingga memperkecil kemungkinan kehamilan. Mengganti makanan dengan menu lebih sehat dan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kemungkin hamil.

5. Penyakit
Penyakit yang mengganggu kesuburan seperti teratozoospermia pada pria dapat menyebabkan kemandulan. Tidak hanya penyakit yang secara langsung menyerang kesuburan, penyakit seperti tumor atau kanker juga tentu dapat mempengaruhi keberhasilan dalam kehamilan.

Sebelum mencari permasalahan pelik dalam kehamilan, setiap pasanga haruslah sehat secara rohani dan jasmani sehingga janin dapat berkembang. Jika sehat namun tetap sulit hamil maka barulah dapat memeriksakan diri ke dokter agar dapat diketahui secara pasti apa penyebab sulit hamil.