Persiapan Jelang Menopause

Posted on

Wanita merupakan ciptaan Tuhan, mereka memiliki kelebihan dan kekurangan sama halnya dengan pria, di mana masing masing pribadi akan beda satu dengan yang lainnya. Salah satu bentuk perbedaan tersebut adalah proses datang bulan. Datang bulan merupakan siklus tubuh wanita yang setiap satu bulan sekali akan mengeluarkan sel telur wanita ketika wanita tersebut siap secara fisik untuk melakukan perkawinan. Datang bulan biasanya dimulai sejak gadis berumur kurang lebih 10 tahun dan berakhir pada wanita lanjut usia yang akan berhenti datang bulan ( menopause) kurang lebih umur 50 tahun.

Menopause adalah kondisi di mana wanita sudah tidak lagi datang bulan, kondisi ini tentunya mempengaruhi baik secara fisik maupun psikis. Dampak pada fisik tentunya akan sangat mempengaruhi kondisi wanita sesudah dan sebelum menopause. Wanita yang sudah mengalami masa menopause, kulitnya akan lebih cepat mengalami keriput dan akan nampak lebih tua.

Selain itu juga wanita yang mengalami menopause akan mengalami gangguan fisiologis karena pengaruh hormone estrogen yang berubah ubah. Begitu juga untuk resiko serangan jantung dan stroke, wanita yang masih datang bulan akan memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan pria karena adanya pengaruh darah yang keluar dari tubuh, sehingga setiap sebulan sekali darah wanita akan diganti dengan sel darah yang baru. Wanita yang mengalami menopause akan memiliki resiko yang sama tingginya dengan pria karena sudah tidak mengalami datang bulan sehingga darah pada tubuh wanita tidak lagi diganti seperti saat masih mengalami datang bulan.

Untuk menghadapi menopause, wanita memerlukan persiapan khusus agar tubuh yang mengalami perubahan hormone dapat menyiapkan diri sehingga begitu mengalami menopause dampak yang diterima tubuh tidak terlalu besar.

Paket Suplemen Perlebahan & Perawatan Alami  Yang Disarankan Untuk Persiapan Menopause

Paket Suplemen Perlebahan & Perawatan Alami Yang Disarankan Untuk Persiapan Menopause

Apa saja yang perlu disiapkan untuk menghadapi menopause, berikut caranya :
1. Olahraga
Olahraga merupakan salah satu cara agar wanita yang mengalami pramenopause tetap memiliki penampilan dan stamina yang prima. Olahraga kardio dan angkat beban ringan disarankan agar jantung tetap sehat karena olahraga yang teratur, selain itu olahraga juga dapat menstimulasi agar kulit tetap melakukan regenerasi sehingga kulit tetap tampak awet muda. Angkat beban yang ringan akan membantu menguatkan tolang dan otot besar pada wanita seperti otot lengan, paha maupun kaki agar tetap kencang.

2. Mengganti menu makanan dengan makanan organic.
Makanan yang baik dan organic tentunya akan membantu kesehatan tetap terjaga. Makanan organic seperti sayuran organic dan makanan yang diolah tanpa bahan kimia membantu kinerja tubuh untuk melakukan detoksifikasi yang terjadi jika tubuh menerima bahan kimia dari makanan.

3. Mengatur pola tidur
TIdur yang baik dan berkualitas dapat meningkatkan kondisi tubuh untuk mengatasi gejala menopause. Tidur yang baik merupakan istirahat yang memberikan rasa energy yang baik saat bangun tidur, tidur yang baik juga sebaiknya dilakukan dengan ruang gelap dan kurang lebih selama 6 – 7 jam. Usahakan saat tidur tidak ada cahaya karena cahaya yang sedikit saja dapat menyebabkan tubuh tidak dapat melakukan tidur berkualitas yang dibutuhkan untuk kesehatan baik tubuh maupun psikologis.

4. Menerima diri
Menerima diri adalah salah satu cara agar siap secara psikologis untuk menghadapi menopause. Karena banyak sekali dari orang yang mengalami menopause dan menyembut dengan berat hati sehingga kedepan wanita tersebut akan merasa kesusahan sehingga berdampak pada fisik.