Stress Pemicu Sakit Pencernaan

Posted on

Akhir akhir ini banyak sekali kita jumpai orang yang mengalami stress hingga membutuhkan management stress. Terlebih lagi pada jaman ini banyak orang yang bekerja di bawah tekanan yang berat, jika tidak dapat mengatur stress dengan baik maka orang dapat mengalami shock, bahkan gangguan jiwa pada kasus yang parah.

Stress tidak saja berupa seperti orang yang mengalami gangguan jiwa yang berat, orang yang mengalami pusing dan sakit kepala menjadi tanda adanya stress yang menumpuk. Beban pikiran yang sedikit demi sedikit menumpuk kelamaan dapat berdampak [pada kesehatan manusia.

Contohnya ketika kita merasa nervous pada saat tertentu seperti akan tampil di depan banyak orang kita akan sakit perut. Contoh tersebut merupakan secuil reaksi tubuh jika kita mengalami stress. Dapat dibayangkan jika stress pekerjaan, di rumah atau di lingkungan kita menumpuk terus menerus yang akhirnya menjadi penyakit. Salah satunya adalah gangguan pencernaan. Sistem pencernaan kita sangat rentan jika kita mengalami stress berkepanjangan. Sebagai hasilnya gangguan pencertnaan seperti sakit perut, maag, tungkak lambung dapat muncul jika kita tidak mampu mengatur stress kita.

Gangguan pencernaan yang muncul akibat stress dapat bervariasi tergantung dari ketahanan manusia yang mengalami stress, antara lain :
1. Maag
Sakit maag merupakan penyakit yang dapat muncul jika kita mengalami stress, akibatnya asam lambung dapat meningkat dan menyebabkan sakit maag. Selain itu stress yang berkepanjangan juga akan menyebabkan gangguan sistem pencernaan yang diakibatkan oleh timbulnya sakit maag.

2. Sakit perut
Sakit perut seperti rasa nyeri yang diakibatkan stress pada tubuh juga dapat timbul jika stress menumpuk. Sakit perut pada umumnya hanya bersifat sebentar dan akan hilang ketika tubuh sudah melakukan relaksasi. Namun pada beberapa kasus sakit perut dapat menjadi kram perut karena tubuh tidak dapat menahan stress yang berdampak pada tubuh.

3. Diare
Sakit diare juga umum terjadi jika tubuh terbeban stress, sakit diare biasanya merupakan dampak yang muncul setelah sakit perut lalu diare akan muncul. Diare juga biasanya tidak akan berlangsung lama tidak seperti jika disebabkan oleh kotoran yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

4. Sembelit
Sakit sembelit atau konstipasi juga dapat terjadi akibat stress yang menumpuk. Sakit sembelit atau susah buang besar juga dapat menjadi masalah jika beban pikiran kita tidak segera di hilangkan karena dapat mengganggu kinerja tubuh lainnya.

5. Gastritis
Gastritis atau sakit kembung adalah penyakit yang muncul akibat terlalu banyak gas yang akibatnya dapat menyebabkan sakit dan mual mual, gastritis sangat mengganggu dan bahaya jika gas tidak dapat dikeluarkan.

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Info Lebih Lanjut, silakan SMS ke 0896 9967 1737 atau Pin BBM di 25CB027F

Sangat perlu untuk menjaga kestabilan pikiran dan mental kita, selain akan berakibat pada fisik yang merugikan. Stress yang tidak diatasi dengan baik akibatnya dapat membahayakan jiwa, untuk itu perlu bantuan orang sekitar dan kemauan kita untuk mengatasi stress.