Tuberkolosis Pada Anak & Balita

Posted on

Jangan anggap remeh ketika anak anda mengalami penurunan berat badan dan sakit pada dada karena mungkin saja anak anda telah terjangkit Tuberkolosis atau TBC. Penyakit TBC yang menyerang sistem saluran pernafasan pada manusia, penyakit ini menyerang paru paru secara diam diam sehingga seringkali penderita TBC yang tidak kuat dapat meninggal.

Penyakit TBC pada anak jauh lebih berbahaya dibandingkan penyakit TBC yang menjangkiti orang dewasa, dikatakan lebih berbahaya karena :
1. Organ tubuh anak lebih rentan
Organ tubuh pada anak khususnya anak balita masih memiliki organ tubuh yang lebih lunak atau dengan kata lain organ anak lebih rentan terhadap luka dan infeksi yang mungkin terbentuk saat batuk. Terlebih penyakit TBC menyerang dan dapat melukai secara langsung sistem pernafasan mulai dari paru paru hingga mulut dan hidung.

2. Sistem kekebalan tubuh yang belum kuat
Sistem antibody manusia balita yang belum kuat akan mempengaruhi pertahanan tubuh terhadap penyakit dari luar, karena masih lemah maka TBC akan mudah menginfeksi balita dan kemudian akan sulit untuk disembuhkan akibat dari lemahnya sistem antibody pada anak.

3. Mudahnya penularan
TBC merupakan penyakit yang sangat mudah menular, media penularannya dapat berasal dari udara sehingga bagi penderita TBC yang tidak dikarantina akan sangat mudah menularkan penyakit ke anak balita lain yang mungkin tidak sedang dalam kondisi tubuh yang sehat.

Melakukan tindakan pencegahan TBC pada anak dan lingkungan akan jauh lebih baik dibandingkan pengobatan, serupa dengan peribahasa sedia payung sebelum hujan maka pada pencegahan TBC dapat dilakukan dengan :

Info: Pin BBM di 2bfe6f71, SMS/ WA 081.234.309.255

Info: Pin BBM di 2bfe6f71, SMS/
WA 081.234.309.255

1. Menjaga kebersihan
Kebersihan tempat tinggal dan tempat dimana anak beraktifitas sangat penting. Lingkungan yang kotor dan sanitasinya tidak dijaga adalah sumber dari segala jenis penyakit, jika anak yang bermain di lingkungan tersebut lalu tidak menjaga kebersihannya maka mungkin saja anak mendapatkan penyakit yang berbahaya termasuk virus TBC.

2. Memberikan perlindungan terbaik
Perlindungan terbaik bagi anak sangatlah penting, perlindungan yang dimaksud adalah memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertumbuh sehat, menjaga kebersihan diri anak, memberikan pengobatan saat sakit dan berbagai kewajiban lain yang disediakan bagi orang tua.

3. Memeriksakan kesehatan
Periksakan kesehatan anak secara rutin untuk mengetahui setiap perubahan yang mungkin terjadi pada tubuhnya.

4. Berikan suplemen untuk meningkatkan imunitas anak
Memberikan suplemen berbahan alami seperti Kids3 dan Clover Honey secara rutin bisa membantu meningkatkan imunitas anak agar tidak mudah terserang berbagai penyakit, termasuk memperkecil resiko terkena TBC.